Pelaksanaan Kurban Idul Adha Tahun 2022 di Lingkungan BNPB

BEKASI //reformasinews.com – Mengusung tema Sehat, Halal dan Berkah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Ikhlas BNPB melakukan pemotongan hewan kurban dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha tahun 2022 / 1443 Hijriah. Pemotongan tersebut dilakukan di tempat pemotongan hewan Toegoe Farm yang berlokasi di Kota Bekasi, Jawa Barat pada Senin (11/7).

Agus Riyanto selaku ketua panitia kurban menyatakan, untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 dan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), BNPB melakukan pemotongan hewan di luar kantor BNPB yang telah memenuhi persyaratan dari sisi lokasi maupun para petugas pemotong kurban telah memiliki sertifikat, serta hewan kurban telah diperiksa kesehatannya.

“Saat ini kita masih berada masa pandemi Covid-19 dan ada wabah penyakit mulut dan kuku, maka agar tetap terjaga kesehatan, pemotongan dilakukan di rumah potong hewan, hewan kurban pun telah dilakukan pemeriksaan kesehatannya dan petugas menerapkan protokol kesehatan,” ucap Agus melalui sambungan virtual dari Kantor Graha BNPB.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, meskipun pelaksanaan tidak di kantor BNPB seperti biasanya, panitia menjamin pendistribusian dilakukan tepat sasaran dan panitia memfasilitasi bagi para pekurban untuk melihat pemotongan melalui hybrid luar jaringan dan dalam jaringan.

“Kami menyiapkan _link zoom_ bagi pekurban dan pegawai untuk menyaksikan penyembelihan secara _online_. Setelah pemotongan selesai dan dikemas kemudian dibawa ke BNPB untuk dilakukan pendistribusian kepada pekurban, pegawai BNPB, panti asuhan dan masyarakat sekitar Graha BNPB, Pusdiklat Sentul dan ada juga pemotongan di UPT BNPB di Padang”, lanjutnya.

Sebagai informasi, hewan kurban yang disembelih sejumlah 14 ekor sapi dan satu ekor kambing disembelih di Bekasi dan dua ekor kambing lainnya disembelih di UPT BNPB yang berada di Kota Padang Sumatera Barat.

(@aher/bnpb)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.