Hindari, Lima Makanan Ini Bisa Turunkan Fungsi Otak

reformasinews.news. Seiring bertambahnya usia, fungsi otak seseorang tentu akan berangsur-anggur pikun. Sehingga akan menyebabkan memori dan keterampilan kognitif berkurang.

Namun, penurunan fungsi otak ini akan lebih cepat apabila seseorang tidak menjaga makanan yang dikonsumsinya. Seperti dilansir dari myrecipe, Minggu (21/5/2022), berikut makanan terburuk untuk kesehatan otak.

1. Biji-Bijian Halus
Meskipun biji-bijian menyediakan bahan bakar (yaitu glukosa) untuk otak kita, tidak semua biji-bijian sama. Biji-bijian olahan seperti yang ada dalam roti putih, tepung, dan pasta berkontribusi terhadap penurunan kognitif melalui peningkatan peradangan.

Menurut penelitian, mereka mengurangi faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, molekul penting yang terlibat dalam memori. Sebagai gantinya, berikan otak kita energi berkualitas tinggi dan padat nutrisi dengan makan biji-bijian seperti quinoa atau barley.

2. Daging Olahan
Sebuah studi tahun 2017 menemukan diet tinggi daging olahan dan daging merah, akan meningkatkan peradangan, menciptakan pengaturan yang sempurna untuk gangguan kognitif dan penyakit neurodegeneratif.

Pikirkan hot dog, bacon, dan potongan daging dingin. Meskipun memakan daging olahan sesekali tidak akan menyebabkan penyakit, cobalah memilih lebih banyak daging tanpa lemak seperti dada ayam tanpa kulit atau ikan panggang.

3. Kue Kering Kemasan
Makanan panggang kemasan seperti yang ditunjukkan dalam studi 2018, dikemas dengan tepung putih halus dan gula tambahan, yang berkontribusi pada disfungsi kognitif karena menyebabkan peradangan.

Jenis makanan itu juga mengandung senyawa yang disebut advanced glycation end-productsatau AGEs, yang mempercepat penuaan dan penurunan kognitif. Sebagai gantinya, bisa membuat setumpuk batang almond ceri untuk camilan cepat dan ramah perjalanan.

4. Soda Manis
Sudah barang pasti bahwa soda manis tidak sehat. Tetapi di luar sebagai penyebab gigi berlubang dan penambahan berat badan, itu juga dapat berkontribusi pada penurunan kognitif.

Menurut sebuah studi 2019, sering menyeruput minuman manis dapat meningkatkan gula darah, peradangan, dan stres oksidatif. Semua hal yang terjadi itu dapat mengacaukan kemampuan sel saraf untuk berkomunikasi.

5. Gorengan
Makanan gorengan seperti onion ring dan kentang goreng penuh dengan AGEs. Makanan yang digoreng juga penuh dengan lemak jenuh, yang ternyata berkaitan dengan kolesterol tinggi dan peradangan, dua faktor risiko besar untuk penyakit Alzheimer.

Tukar makanan yang digoreng dengan hidangan panggang. Makanan yang dikukus, direbus, dan dipanggang juga merupakan pilihan yang bagus

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.