5 Tanaman Herbal yang Ampuh Redakan Asam Urat

reformasinews.com — Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan rasa sakit yang mirip dengan osteoartritis, meskipun ada beberapa perbedaan yang jelas. Ini disebabkan oleh penumpukan asam urat yang tinggi dalam darah.

Asam urat yang menumpuk di persendian menyebabkan peradangan disertai rasa tidak nyaman dan nyeri. Beberapa pengobatan alami dapat membantu meredakan asam urat.

Seperti dirangkum dari laman Healthline, Senin (11/7/2022), berikut tanaman herbal yang dipercaya ampuh sebagai penurun asam urat.

  1. Ceri
    Menurut penelitian ceri, baik yang memiliki rasa asam, manis, warna merah, hitam, dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah adalah obat rumahan yang sangat populer dan berpotensi berhasil bagi banyak orang.

Buah ini dapat bekerja untuk mencegah serangan asam urat. Penelitian ini merekomendasikan tiga porsi bentuk ceri apa pun selama dua hari, yang dianggap paling efektif.

  1. Cuka Sari Apel
    Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit masing-masing sering direkomendasikan untuk asam urat. Tidak ada penelitian kuat yang mendukung cuka sari apel ampuh mengatasi asam urat, meskipun penelitian menunjukkan baik untuk ginjal.

Campurkan jus dari satu perasan setengah lemon ke dalam air hangat. Campurkan dengan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Sesuaikan dengan selera dan minum dua sampai tiga kali sehari.

  1. Kembang Sepatu
    Kembang sepatu dipercaya bisa menjadi obat asam urat. Satu penelitian menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat menurunkan kadar asam urat, meskipun penelitian ini dilakukan pada tikus.
  2. Seledri
    Seledri sering digunakan untuk mengobati masalah kencing. Untuk asam urat, ekstrak dan biji seledri telah menjadi pengobatan rumahan yang populer.

Penggunaan eksperimental terdokumentasi dengan baik, meskipun penelitian ilmiah masih sedikit. Diperkirakan seledri dapat mengurangi peradangan. Jumlah seledri yang cukup untuk mengobati asam urat tidak didokumentasikan.

Cobalah makan seledri berkali-kali dalam sehari, terutama seledri mentah, jus, ekstrak, atau biji. Jika membeli ekstrak atau suplemen, ikuti petunjuk label dengan cermat.

  1. Jahe
    Satu studi menemukan jahe topikal mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat. Studi lain menunjukkan bahwa pada subjek dengan kadar asam urat tinggi (hiperurisemia), kadar asam urat serumnya berkurang dengan jahe.

Tetapi subjeknya adalah tikus, dan jahe diambil secara internal daripada topikal. Buat kompres atau tempel jahe dengan merebus air dengan 1 sendok makan parutan jahe segar.

(@aher/pmjnews)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.